Selasa, 23 April 2013

Ilmuwan Bikin Segerombol Robot Semut



Robot semut (Foto: Pysorg)
Robot semut (Foto: Pysorg)
WASHINGTON - Ilmuwan di Amerika Serikat baru-baru ini mengembangkan dan menguji sebuah robot semut. Mereka mengklaim robot ini akan persis seperti koloni semut sungguhan.

Dilansir BBC, Jumat (29/3/2013), kendati memiliki perilaku yang dikatakan mirip semut asli, namun robot semut ini tidak memiliki kesamaan secara bentuk fisik dengan hewan yang sebenarnya. Robot kecil ini dilengkapi dengan roda yang memungkinkan mereka untuk bergerak.

Ilmuwan mengatakan bahwa perilaku kolektif mereka sangat mirip dengan semut. Robot tersebut diprogram untuk bisa bergerak maju menuju sasaran dan menghindari rintangan.

Dalam sebuah pengujian, robot pintar ini ternyata mampu menemukan jalur cepat pada sebuah labirin atau jaringan. Ilmuwan melaporkan pengembangan robot tersebut dalam jurnal Plos Computational Biology.

Para ahli mengungkapkan, kemampuan robot ini terletak pada keahliannya mengambil isyarat satu sama lain, mirip sebuah koloni serangga. Akan tetapi, robot ini memiliki memori yang sangat terbatas.

"Setiap individu dari robot ini memiliki kekurangan. Mereka memiliki memori yang sangat terbatas dan kekuatan pemrosesan yang terbatas," tutur Simon Garnier dari New Jersey Institute of Technology.

Ia menjelaskan, setiap robot memiliki dua antena di bagian atas tubuhnya, yang dilengkapi dengan sensor cahaya. Lebih lanjut Simon mengatakan, jika banyak cahaya di sensor kiri mereka, mereka akan menuju ke kiri. 

Bila banyak cahaya di sebelah kanan sensor mereka, maka robot akan bergerak ke kanan. "Ini sesungguhnya mirip mekanisme semut yang sesungguhnya," pungkasnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar