Rabu, 24 April 2013

5 Negara Termiskin Di Dunia


1). ZIMBABWE
zimbabwe-negara termiskin di dunia
Dikarenakan hiperinflasi atau tingkat inflasi yang terlewat tinggi, yakni sebesar 87,9 %, menyebabkan perekonomian Zimbabwe runtuh dan menjadikannya negara termiskin di dunia. Di negara ini, Anda harus membawa uang 100 juta hanya untuk membeli beberapa butir telur saja, harga barang-barang berlipat ganda setiap 1,1 hari. Sebagai perumpamaan, ketika sebuah apel pada hari Senin harganya Rp. 1, pada hari Minggu harga sudah jadi Rp. 64 dan dalam sebulan apel tadi harganya jadi lebih dari Rp. 1 juta! Apa-apaan ini..

2). KONGO
kongo-congo-Negara Termiskin Di Dunia
Negara ini masih dikenal sebagai Zaire hingga tahun 1997 berganti nama menjadi Kongo. Perang pada awal tahun 1998 telah menghancurkan negara ini, perang yang melibatkan sedikitnya 7 tentara asing ini adalah konflik paling mematikan di dunia sejak Perang Dunia II dan telah membunuh 5,4 juta orang. Di Afrika perang ini disebut sebagai Perang Dunia Afrika dan pada 2010, setidaknya 45 ribu orang di Kongo tewas tiap bulannya. Disini juga salah satu tempat di bumi yang masih dihuni oleh suku kanibal. Seorang bersaksi di depan PBB bahwa teman-temannya diburu dan dimakan seperti binatang oleh suku kanibal, memakan orang lain adalah cara untuk bertahan hidup dari kelaparan yang melanda 67% dari populasi. Kongo juga merupakan tempat terburuk untuk wanita karena tingkat pemerkosaannya tertinggi di dunia.

3). LIBERIA
liberia-Negara Termiskin Di Dunia
Liberia adalah salah satu dari sedikit negara di Afrika yang belum pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Namun sebaliknya, Liberia malah didirikan dan dijajah oleh budak-budak yang melarikan diri dari Amerika, para budak tersebut menjadi elit negara dan mendirikan pemerintahan yang mirip dengan Amerika. Pada 1980, presiden Liberia digulingkan dan dimulailah periode ketidakstabilan politik yang dikuti dengan perang saudara. Setelah itu Liberia berada dalam krisis ekonomi yang mendalam, statistik menunjukkan bahwa sekitar 90% dari penduduk hanya berpenghasilan di bawah $ 1,25 /hari dan tingkat pengangguran 85%. Dan dengan tingkat kelahiran 7 anak untuk setiap wanita serta harapan hidup hanya 44 tahun, tidak heran kalau Liberia adalah salah satu negara termiskin di dunia.

4). BURUNDI
burundi-negara termiskin di dunia
Penyebab Burundi sangat miskin adalah karena mereka tidak pernah punya waktu untuk damai akibat perang sipil yang kekal. Korupsi, akses yang rendah terhadap pendidikan, dan persentase HIV dan AIDS yang tinggi adalah beberapa hal yang ada di Burundi. Sekitar 80% dari warga hidup dalam kemiskinan dan 57% dari anak di bawah 5 tahun menderita kekurangan gizi kronis. 93% dari pendapatan Burundi berasal dari ekspor kopi. Menurut penelitian yang dilakukan di 178 negara, rakyat Burundi memiliki tingkat kepuasan hidup terendah di dunia. Sebagai akibat dari kemiskinan itu, Burundi sangat tergantung pada bantuan asing.

5). SOMALIA
somalia-negara termiskin di dunia
Seperti Liberia, Somalia juga belum pernah dijajah oleh negara manapun. Letaknya yang berada di Afrika Timur membuat Somalia memiliki hubungan dekat dengan negara-negara Arab. Selain itu, mungkin karena Somalia adalah negara muslim, tingkat infeksi HIV dan AIDS di sini salah satu yang terendah di Afrika. Persahabatan Somalia dengan Uni Soviet menyebabkan kekuatan militer Somalia salah satu yang terbesar di Afrika, namun sayangnya itu tak efektif untuk menahan perang sipil yang pecah pada 1991. Beberapa tahun terakhir warga miskin di Somalia menemukan cara baru untuk mencari uang dengan melakukan pembajakan kapal internasional dan menyandera kru dan kargonya. Keika anak laki-laki dewasa mereka bercita-cita menjadi bajak laut karena di situlah mereka bisa mendapatkan uang. Perusahaan internasional dipaksa membayar uang tebusan sebesar 1 hingga 20 juta dolar untuk mendapatkan kapalnya kembali karena sebuah tanker minyak yang terisi penuh bisa bernilai ratusan juta dolar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar