Jumat, 26 April 2013

5 Musikus Indonesia yang melegenda


Sebuah penghormatan terhadap para ikon terbesar dalam sejarah dunia musik populer Indonesia, oleh para rekan seperjuangan dan pengikut jejak. Legenda adalah kata yang sering diumbar saat membicarakan seseorang yang signifikan. Begitu seringnya kata tersebut digunakan, hingga rasanya siapa saja dapat dikatakan legenda. Konsep itu memang relatif, di mana tiap orang memiliki pemahaman dan interpretasinya sendiri tentang apa yang menjadikan seseorang lebih bermakna dan berprestasi dibanding rekan-rekannya yang bisa jadi tak kalah berjasa.
inilah 5 musikus indonesia yang menjadi legenda versi saya.

1.Iwan fals
Merupakan kehormatan yang sangat besar bagi saya bisa mengenal iwan fals,salah satu tokoh utama dalam pembentukan organisasi OI.saya yakin 7 dari 10 pemuda indonesia meng amini jika saya menempatkan iwan fals pada peringkat pertama,bagaimana tidak,lirik-lirik yang penuh dengan rangkaian kosakata indah membuat para penikmat musik iwan fals tergila-gila pada nya,selain itu lagu-lagu yang iwan fals lebih banyak menunjuk ke arah sosial,dan kritik terhadap pemerintahan kala itu ( seperti bento,bongkar )yang membuat pemerintahan orla berang pada masa itu,konon katanya iwan fals masuk kedalam deretan orang yang memotivasi rakyat indonesia untuk menggulirkan pemerintahan otoriter soeharto.dan juga 5 lagu iwan fals masuk kedalam 150 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah rolling stone indonesia,dimana iwan fals adalah penyumbang lagu terbanyak diantara 150 lagu tersebut.Superstar satu ini karir nya pun tidak pernah redup hingga era 2000an yang arti nya penikmat musik iwan fals selalu ada dari zaman ke zaman..

2.koes plus

Serapan yang dapat diteladani dari Koes Plus adalah produktivitas mereka. Sampai saat ini kalau tidak salah mereka telah menelurkan 93 album. Dari mulai 26 buah album penuh hingga puluhan lainnya dari mulai album pop, pop melayu, pop jawa, dangdut, hingga pop anak-anak. Koes Plus bagaikan mesin musik dengan produktivitas setinggi langit untuk penikmat musik segala usia bagi saya lagu ini masih sangat enak di dengar,tabuhan drum murry,tebasan bass yok,dan lengkingan melody tony yang berpadu dengan suara lantang yon mampu membuat mata para penikmat musik tampak berkaca-kaca.. Satu lagi, sampai saat ini  Koes Plus juga memiliki fans club di seluruh penjuru nusantara, tak sedikit pula yang terorganisir. Ini bukan karena tindakan manajemen band [seperti yang banyak dilakukan band zaman sekarang], melainkan dilakukan swakarsa para penggemar yang selalu mencintai Koes Plus.

3.god bless

Saya yakin tidak ada satupun band Indonesia dari generasi 70-an yang masih exist dan berpenampilan layaknya rockstar muda selain God Bless. Bahkan di usia mereka yang menginjak 60-an, they still rock harder than most young bands in our generation.god bless yang melegenda menjadi inspirasi banyak band-band rock pada saat ini,lagu-lagu nya yang penuh dengan semangat membara membuat pendengar tidak segan untuk berjingkrak-jingkrak mengikuti alur lagunya,penampilan mereka juga sangat menarik bagi saya,hingga kini tidak ada satu pun band rock yang mampu menyamai style god bless padahal usia mereka terpaut jauh dengan band-band baru sekarang.

4.Rhoma Irama
Ini dia seorang musikus ternama tanah air yang di anggap gila oleh banyak orang,dan mugkin tidak ada satupun yang bisa menjadi gila seperti rhoma irama,.kegilaan nya dalam membuat lagu-lagu melayu yang membuat penikmat musik dangdut merasa enggan berhenti berjoged.dan alunan nada nya pun disamping enak didengar juga mengandung kaliamat-kalimat dakwah yang pastinya berbeda dengan sekarang dimana penyanyi dangdut indentik dengan erotisme,sayang kan jika musik asli tanah air di buat seperti itu,saya rasa patut lah bung rhoma marah dengan penyanyi2 dangdut yang menampilkan kemolekan tubuhnya,itu kan sama saja merusak citra baik dangdut,dimana pencipta aliran dangdut ini adalah bung rhoma sendiri.

5.slank
Musik-musik beraliran rock n roll banyak mengubah pandangan anak muda pada saat itu,rock n roll yang di anggap musik keras di aresemen oleh slank dengan menambah sedikit melow pada unsur musik keras tersebut,hasilnya jutaan anak muda indonesia terpukau,banyak film-film indonesia menjadikan musik slank sebagai soundtrack,dan yang lebih hebat lagi slank memiliki fans club terbesar ke-2 (no.1 OI) di indonesia.
tak sedikit pula band-band baru yang mengadaptasi genre musik slank ke unsur musik mereka,selain itu slank juga memiliki pandangan sosial yang baik,ia mengajak para pemuda indonesia untuk anti narkoba.hebat bukan..!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar